Apa
itu tugas mandiri terstruktur (TMT) dan tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT)
? Mungkin rekan atau kita sering mendengarnya namun apa perbedaan
diantara keduanya. Kedua tugas mandiri ini, sesuai dengan namanaya
mandiri berarti tugas yang diberikan atau yang harus diselesaikan seorang siswa
setelah ia memperoleh atau menyelesaikan suatu kegiatan belajar dalam sebuah
mata pelajaran atau bidang studi. Apalagi dengan berlakunya KTSP di mana
implementasi KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) salah satunya sangat
akrab dengan tugas mandiri ini. Suatu tugas dikatakan mandiri terstruktur
manakala tugas itu diselesaikan seorang siswa dengan batas yang telah
ditentukan oleh guru. Misalnya tugas itu dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya atau beberapa hari lagi tergantung guru. Dan tugas
mandiri tidak terstruktur manakala tugas itu diselesaikan dan dikumpulkan pada
batas maksimum yang telah ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya
kapan saja yang penting antara renatng batas maksimum yang telah
ditentukan. Misalnya tugas dikumpulkan paling lambat satu minggu sebelum
midle semester atau satu minggu sebelum semester atau dua minggu sebelum ujian
nasional, dll. Namun sebaiknya tugas mandiri ini dibarengi dengan
pegangan murid seperti konsep materi pembelajaran dari guru, diktat , modul,
bahan ajar lainnya, seperti perpustakaan sebagai referensi mereka dalam
melaksanakan tugas tersebut. Bisa juga koran atau Internet. Kalau
memang tugas itu berat boleh dikerjakan secara berkelompok. Sebagai
gambaran saya sajikan contoh TMT dan TMTT, bidang studi PKn adalah :
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
ideology terbuka
|
1.2. menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
|
Berikan contoh nilai praksis yang hidup,
berkembang, dan dilaksanakan oleh semua warga sekolahmu sebagai wujud
dari nilai instrumental, yaitu Tata Tertib Sekolah.
|
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
ideology terbuka
|
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai
ideology terbuka
|
Amati perilaku masyarakat sekitar tempat tinggalmu yang
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila mulai sila pertama sampai
kelima. Klasifikasikan menurut masing-masing sila.
|
Dikumpulkan 3 hari sebelum mid semester.
|
Tugas tidak terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
2. Menganalisis berbagai isitem
pemerintahan
|
2.2. Menganalisis pelaksanaan
system pemerintahan Negara Indonesia
|
Gambarkan dalam satu lembar kertas
manila struktur ketatanegaraan RI, kemudian analisa serta berikan deskripsi
mengenai perbedaannya, baik dari segi lembaga negaranya maupun tugas
dan fungsi lembaga Negara tersebut.
|
Waktu pengumpulan tugas pada
pertemuan berikutnya
|
Di presentasikan di depan kelas.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan
|
2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan Negara
Indonesia
|
Amati dan analisa pasal-pasal dalam UUD 1945 yang
menyangkut systemCheck anda Balancesantar lembaga Negara (Legislatif,
Eksekutif, dan Yudikatif), dan buatlah analisamu mengenai
check and balances ketiga lembaga tersebut.
|
Waktu pengumpulan tugas paling lambat 3 hari sebelum ujian
semester
|
Tidak Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan
|
2.3. Membandingkan pelaksanaan system pemerintahan yang
berlaku di Indonesia dengan Negara lain
|
Amati dan analisa berita di TV, Internet, Koran, tentang
peristiwa yang terjadi di Negara kita. Tunjukkan kelemahan dan
kelebihan system pemerintahan RI dari peristiwa yang terjadi di Negara kita
tersebut.
|
Dikumpulkan paling lambat 3 hari sebelum ujian semester
|
Tidak Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
|
3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peranan serta
perkembangan pers di Indonesia
|
Cari berita di Koran atau majalah yang berkaitan dengan
fungsi pers sebagai media Informasi, media pendidikan, Fungsi hiburan, fungsi
kontrol sosial dan pers sebagai lembaga ekonomi. Berita –berita
tersebut dibuat kliping dan dibawahnya diberi deskripsi, yaitu termasuk
fungsi apa.
|
Waktu pengumpulan tugas sebelum ulangan mid semester
|
Tidak Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
|
3.2. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peranan serta
perkembangan pers di Indonesia
|
Menganalisis pelanggaran kode etik jurnalistik dari
Tayangan TV, siaran radio, atau internet. Pelanggaran tersebut
melanggar pasal berapa kode etik jurnalistik.
|
Waktu pengumpulan tugas pada pertemuan 2 minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
|
3.2. Mengevaluasi kebebasan pers dampak penyalah gunaan
kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia
|
|
Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
|
3.2. Mengevaluasi kebebasan pers dampak penyalah gunaan
kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia
|
Menjadi Reporter dan menyusun pedoman wawancara untuk
siaran Radio, atau TV, topik wawancara bebas.
|
2 jam pelajaran untuk minggu berikutnya
|
Tugas terstruktur dan dipraktikkan di depan kelas minggu
berikutnya
|
Silahkan diambil dengan mencantumkan sumber, semoga bermanfaat...
BalasHapus